Senin, 04 September 2023

PBKK - 1 - Kalkulator .NET

Nama : Richie Seputro

NRP : 5025211213

Kelas : Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja A

Tahun Ajaran : 2023/2024 (Semester Gasal)

Link Repository : https://github.com/richiesuper/PBKK-1-UsefulCalculator



Penjelasan :


Pada tugas pertama dari mata kuliah PBKK ini, saya mempelajari lebih lanjut mengenai materi .NET Framework yang telah dipaparkan sebelumnya di kelas. Pada minggu sebelumnya, saya menginstall tools-tools yang diperlukan dalam pengembangan software dengan .NET Framework. Alat-alat yang saya install adalah Visual Studio 2022, .NET 7.0, dan .NET Framework 4.8.1. .NET Framework menggunakan bahasa pemrograman C# yang mirip dengan bahasa pemrograman Java. Saya tidak begitu kesulitan ketika memprogram dalam bahasa C# karena saya telah mengambil mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek.

Untuk implementasi dari tugas pertama mata kuliah PBKK sendiri, saya membuat kalkulator sederhana yang mana desainnya mengikuti desain kalkulator pada umumnya. Fitur-fitur yang saya implementasikan adalah sebagai berikut:

  1. Penjumlahan
  2. Pengurangan
  3. Perkalian
  4. Pembagian
  5. Penghapusan digit terakhir dari textbox
  6. Clear textbox
  7. Repeat last operation (dengan tekan tombol "=" berulang kali)

Untuk desain aplikasinya sendiri, saya terbantu oleh Visual Studio, yang mana memberikan kemudahan untuk mendesain tampilan aplikasi melalui interface drag-and-drop komponen. Dengan menggunakan fitur tersebut, saya tidak harus mengoding secara manual mengenai peletakan komponen-komponen GUI karena langsung di-generate berdasarkan desain drag-and-drop-nya. Source code untuk tugas pertama ini dapat dilihat melalui tautan di bagian header postingan ini.



Dokumentasi :

Tampilan Antarmuka Desain Aplikasi secara drag-and-drop


Video demonstrasi penggunaan kalkulator


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PBKK - FP - Cloud Based Data Search with Google Apps Script

Nama : Richie Seputro, Andhika Lingga Mariano, Frederick Yonatan Susanto NRP : 5025211213, 5025211161, 5025211121 Kelompok: 22 Kelas : Pemro...